Selasa, 12 April 2011

5 Jenis Suplemen Nutrisi Terbaik bagi Tubuh

PARA ahli kesehatan memang menganjurkan cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi penting bagi tubuh yakni melalui makanan yang bergizi. Namun, bagaimana bila ternyata itu tak cukup? Anda bisa saja mengonsumsi suplemen, tapi ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis suplemen terbaik.

Dari berbagai banyak jenis suplemen, berikut lima jenis suplemen nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh kita seperti dikutip dari Shine.com:

1. Kalsium
Sehari-harinya, tubuh membutuhkan 1.000 mg (1.200 untuk perempuan di atas usia 50 tahun). Kalsium dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan gigi. Nutrisi ini b isa ditemukan pada: susu, yoghurt, sayuran berdaun hijau, dan ikan salmon.

2. Vitamin C
Sehari-harinya, tubuh membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem imun, menyehatkan kulit. Terlebih vitamin C memiliki daya antiinflamasi. Vitamin C bisa kita dapatkan dari buah dan sayur semacam jeruk, stroberi, kiwi, brokoli, dan cabai merah.

3. Serat
Tubuh setidaknya membutuhkan 25 gram serat setiap hari. Serat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan metabolisme, menstabilkan gula darah, dan menjaga kadar kolesterol. Serat juga bisa membantu menjaga berat badan. Serat bisa kita temukan pada makanan berbahan dasar gandum, kacang-kacangan, serta buah dan sayur.

4. Kalium
Nutrisi ini dibutuhkan tubuh kita setidaknya 4.700 mg sehari. Kalium diperlukan untuk menjaga kekuatan otak, jantung, ginjal dan fungsi syaraf. Kalium bisa ditemukan pada sebagian besar buah-buahan dan sayuran seperti pisang, jeruk, sayuran hijau, alpukat, dan kacang (semua jenis),

5. Magnesium
Magnesium dibutuhkan tubuh sebanyak 310-320 mg sehari. Zat ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan syaraf, otot, dan fungsi tulang. Magnesium juga dapat membantu mengatur suasana hati agar menjadi lebih baik dan bisa ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau (kangkung, brokoli, bayam), kentang, dan almon. (Pri/OL-06) Sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...